Jumat, 27 November 2009

Tarian Tradisional Toraja

(http://images.ndriii.multiply.com/image/5/photos/23/600x600/29/Tarian-Suku-TOraja.JPG?et=g9svFbFwn2f85KighotHUA&nmid=71749738)

Lakon Ritual Aluk Todolo dalam menunaikan aturan keagamaan yang berwujud pada pemujaan terhadap Puang Matua, Deata maupun To Mambali Puang, banyak dijadikan dalam bentuk seni tradisional seperti seni tari, seni suara, seni musik, seni sastra tutur, seni ukir dan seni pahat.


Kesenian yang ditampilkan biasanya berkaitan dengan Aluk Rambu Tuka' dan Aluk Rambu Solo'. Umumnya kesenian yang dipentaskan khusus untuk masing-masing kegiatan ritual adat, baik Rambu Tuka' maupun Rambu Solo'. Tapi ada juga jenis kesenian yang dipentaskan pada kedua jenis ritual. Jenis kesenian tersebut disebut Ada' Basse Bubung, yaitu kesenian yang boleh dipentaskan pada upacara kegembiraan Aluk Rampe Matallo maupun pada acara kedukaan Aluk Rampe Matampu'. Hampir semua ragam seni yang dipentaskan merupakan perpaduan beberapa kesenian.
Jenis kesenian yang telah dikembangkan dalam budaya masyarakat Tana Toraja antara lain : Tarian Ma'gellu. Tarian ini awalnya dikembangkan di Distrik Pangalla kurang lebih 45 km ke arah Timur dari kota Rantepao Biasanya dipentaskan pada upacara khusus yang disebut Ma'Bua', yang berkaitan dengan upacara pentasbihan Rumah adat Toraja/Tongkonan, atau keluarga penghuni tersebut telah melaksanakan upacara Rambu Solo' yang sangat besar (Rapasaan Sapu Randanan). Saat ini tarian Ma'gellu' sering dipertunjukkan pada upacara kegembiraan seperti pesta perkawinan, syukuran panen, dan acara penerimaan tamu terhormat. Tarian ini dilakukan oleh remaja putri dengan jumlah ganjil, diiringi irama gendang yang ditabuh oleh remaja putra yang berjumlah empat orang. Busana serta aksesoris yang digunakan juga bukan sembarang busana tapi khusus untuk penari dengan perhiasan yang terbuat dari emas dan perak. Wah, kalau gitu untuk menyelenggarakan acara seperti tarian butuh biaya yang banyak juga ya... Kira butuh biaya berapa ya?? Selain itu ada juga tarian Boneballa/Ondo Samalele tarian ini juga termasuk jenis tari kegembiraan yang biasanya dipentaskan dalam upacara syukuran kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, rasa syukur atas keberhasilan/ kesuksesan keluarga besar dalam menyelesaikan pembangunan kembali (rehabilitasi atau restorasi) tongkonannya. Rupanya selain kaya akan budaya masyarakat Toraja juga taat beribadah. Buktinya aja aga tarian sebagai ungkapan syukur pada Tuhan ini.


Jenis-Jenis Tarian Toraja lainnya :
* Tarian Pa' Gellu'
* Tarian Burake
* Tarian Dau Bulan Tarian Ma'dandan
* Tarian Manimbong
* Tarian Manganda'
* Tarian Pa'Bondesan
* Tarian Memanna
* Tarian Ma'badong
* Tarian Ma'katia
* Tarian Pa'randing
* Tarian Pa'pangngan
Banyak ya kesenian Toraja yang mungkin jarang dikenal orang. Nah, inilah saatnya kita mengenal budaya Toraja sedit demi sedikit. Semoga artikel ini berguna buat teman-teman.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar