Jumat, 27 November 2009

Rumah-rumah di Toraja

((http://fabian1802.files.wordpress.com/2009/03/rumah-tongkonan-tana-toraja1.jpg)

Tana Toraja, yang populer dengan sebutan Toraja, terletak di Propinsi Sulawesi Selatan. Toraja terletak sekitar 350 kilometer ke arah utara Makassar bisa ditempuh lewat jalan darat maupun udara. Perjalanan darat bisa ditempuh dengan menggunakan bus ataupun mobil. Waktu tempuhnya sekitar 7-8 jam.Lumayan lama dan jauh juga lho. Sedangkan perjalanan udara membutuhkan waktu sekitar sekitar 1 jam dari Bandara Hassanudin Makassar menuju Bandara Pongtiku, di Toraja. Namun penerbangan ini tidak setiap hari ada. Toraja memiliki keindahan budaya dan adat istiadat yang sangat mempesona. Rumah adat Toraja yang dikenal dengan sebutan tongkonan, sangat terkenal keindahannya di seluruh dunia. Tongkonan itu ternyata nggak cuma asal sebutan aja tapi juga punya arti,artinya duduk bersama-sama. Bentuk atapnya seperti perahu. Ini karena nenek moyang orang Toraja diperkirakan datang dengan perahu. Semua Tongkonan menghadap ke utara karena arah utara dianggap sebagai sumber kehidupan.
Ada 3 ruangan dalam tongkonan, yaitu ruang utara, tengah, dan selatan. Ruang utara untuk tidur anak-anak, ruang tengah untuk untuk ruang makan dan dapur, ruang selatan untuk tidur kepala keluarga. Dan bila ada yana meninggal disemayamkan di ruang selatan. Tongkonan juga dipakai untuk upacara dan pertemuan keluarga.
Selain tongkonan, orang Toraja juga punya lumbung yang disebut 'alang sura'. Bentuknya mirip tongkonan, hanya ukurannya lebih kecil. 'Alang sura' berguna untuk menyimpan padi.

1 komentar:

  1. cintailah produk2 buatan bona pasogit...
    horas... kini telah hadir informasi penyedia jasa pernikahan untuk mendukung acara pernikahan batak di kota surabaya & jawa timur. silahkan cari informasinya dan pasang iklan binsnis (khusus pernikahan) anda hanya di www.jasa-pernikahan.blogspot.com , mohon bantuannya untuk meng-KLIK share facebook/twitter pada blog tsb. mauliate... pesan ini disampaikan oleh :
    bona pasogit production, batakness wedding videography & digital art image (marito comptech groups) - don siburiano corp.
    surabaya, T. 031-70253852 H. 085.63036.852
    mitra catering, cita rasa masakan khas sumatera utara, 031-8663223

    BalasHapus